Minggu, 30 Oktober 2016

PINDAH TUGAS



Waktu saya sedang menunggu untuk shalat dhuhur, terdengar suara yang tidak asing bagi saya. Ia seorang pensiunan tentara dengan pangkat terakhir Mayor. Saya langsung teringat 'oh pak ini (A) pindah tugas lagi ke sini.'

Saya sudah mengenal Pak A beberapa bulan yang lalu. Biasanya ia datang ke masjid bersama cucunya dengan membawa tongkat terbuat dari logam untuk kekuatan. Kalau shalat biasanya ia duduk. Ia pernah mengatakan kepada saya bahwa fisiknya sudah tidak kuat jika shalat berdiri. Sesekali ia menyuarakan adzan di masjid. Saat saya datang kadang saya membantunya mengembalikan mic ke tempat semula. Pak A ini agak sulit untuk bergerak.

Beberapa bulan terakhir saya tidak lagi melihat Pak A. Dulu ia pernah berkata akan pulang ke rumahnya di Periok. Saya tidak tahu dimana itu, tapi bayangan saya di Tanjung Periok.

Pak A pernah berkata kepada saya bahwa ia tinggal di rumah anaknya di dekat masjid untuk momong cucu. Memang benar, saya melihat ia sangat akrab dengan cucunya yang masih TK. Kalau ke masjid biasanya cucunya juga ikut. Cucunya itu duduk di sebelahnya.

Hanya saja ia tidak setiap saat momong cucu. Ia harus berbagi jadwal dengan besannya Pak B. Dalam bulan ini saya selalu bertemu Pak B ketika shalat. Kadang Pak B ini ditunjuk sebagai imam shalat. Selama ini saya belum pernah melihat cucunya ikut Pak B. Tapi menurut saya itu bisa terjadi.

Saya mengenal Pak B juga tetapi saya tidak pernah bicara. Beliau seorang pendiam. Saya hanya tahu bahwa ia seorang pensiunan guru. Itupun bukan informasi langsung, tetapi informasi dari orang lain.

Sebenarnya saya mengenal Pak B lebih dahulu. Tetapi ya itu hanya tahu saja. Termasuk dimana ia tinggal. Suatu saat Pak B menghilang dan saya tidak kemana. Saya berpikir bahwa ia sudah pergi dan tidak kembali.

Saya baru tahu cerita yang sebenarnya dari Pak A, bahwa Pak B itu adalah besannya. Mereka berbagi jadwal kunjungan untuk momong cucu mereka.

Saat Pak A mengajak saya untuk salaman, saya sangat senang. Dalam hati saya berkata, "Selamat datang Pak. Pindah tugas lagi.....!"

1 komentar: