Jumat, 25 Maret 2016

BERBAKTI KEPADA ORANG TUA




  •  Sofyan Ats-Tsauri
Suatu ketika ada seorang lelaki mengajukan pertanyaan kepada Sofyan Ats-Tsauri, “Ya Sofyan, berapa kalikah seorang anak harus mendoakan orang tuanya? Apakah satu hari sekali? Sebulan sekali? Ataukah setahun sekali?”
 
Sofyan, “Betapa baiknya sekiranya engkau bisa mendoakan orang tua setiap selesai tahiyyat di dalam shalat.”
  •  Umar bin Khathab (Semoga Allah Meridhai)

Pada suatu ketika ada seorang laki-laki datang menghadap sahabat Umar bin Khathab, seraya berkata, “Ya Umar, saya telah memberikan pelayanan dan kenikmatan yang banyak kepada ibuku, sebagaimana dia telah memberikan kenikmatan dan pelayanan kepadaku sewaktu aku kecil. Lalu apakah saya sudah menunaikan bakti saya dengan baik kepada orang tua?” 


Dengan tegas Umar bin Khathab menjawab, “Belum sama sekali. Belum sebanding.” Lelaki itu bertanya lagi dengan penuh keheranan, “Mengapa begitu, ya Umar?” Jawab Umar, “Dia melimpahkan kenikmatan kepadamu dengan harapan agar kamu panjang umur, sementara kamu memberikan kenikmatan kepadanya dengan harapan agar dia segera meninggal dunia.”

  •  Prof. Dr. Ir. MUHAMMAD NUH, DEA

Prof. Dr. Ir. MUHAMMAD NUH, DEA (Menteri Pendidikan Nasional;Mantan Menteri Komunikasi dan Informasi 2007-2009)berkata, “Saya memiliki kebiasaan, tiap kali habis shalat Jumat, saya selalu menyempatkan diri berkunjung ke ibu saya, sambil membawa makanan kesukaan ibu saya yaitu jajan pasar. Sambil bercengkerama, menanyakan kesehatan dan kebutuhan sang Ibu. Saya berusaha sekuat tenaga dan perasaan jangan sampai pernah menyakitkan hati Ibu. Dan ternyata perilaku hormat dan perilaku baik sama ibu tadi itulah yang menghantarkan kesuksesan saya. Saya sangat yakin akan kebenarannyam yang saya peroleh dalam mimpi ketika saya memulai berusaha untuk hidup mandiri. Kesuksesan merupakan rahmat dari Yang Maha Pengasih, berbuatlah dengan penuh kasih sayang, Insya Allah Yang Maha Pengasih akan memberikan kasih-sayangNya. Apa lagi terhadap kedua orang tua, itulah yang dimaksud dengan bi’rul walidain (berbakti kepada orang tua).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar